Proses & Proses Bisnis, Contoh Proses Bisnis, dan Value Chain Analysis

 Halo readers, pada blog ini saya akan membahas tentang "Proses dan Proses Bisnis", "Contoh Proses Bisnis", dan "Value Chain Analysis". Semoga pembahasan pada blog ini dapat menambah wawasan dan ilmu untuk readers semua ya. Selamat membaca πŸ˜„

Proses dan Proses Bisnis

Pengertian Proses

Proses adalah urutan dari pelaksanaan atau kejadian yang memiliki keterkaitan satu sama lain yang kemudian bersama-sama mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output). Pelaksanaan ini menggunakan berbagai sumber daya dan dapat dilakukan oleh manusia, alam, atau mesin. Proses memiliki ruang lingkup yang luas dan lengkap, mulai dari hal yang mendasar sampai hal yang kompleks. Input dari sebuah proses dapat berupa informasi, peralatan, metode, material, atau lingkungan sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan produk dan jasa. Output merupakan hasil dari proses dan dapat berupa produk atau jasa yang disediakan untuk penerima/pelanggan.

http://shiftindonesia.com/wp-content/uploads/2014/12/SHIFT-SSCX-4-Cara-tingkatkan-proses-bisnis.jpg

Pengertian Proses Bisnis

Proses bisnis adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan terstruktur dan saling berhubungan untuk melakukan penyelesaian dari suatu masalah atau yang menghasilkan suatu keluaran (output/produk) untuk mencapai tujuan tertentu dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Proses bisnis sangatlah penting untuk meraih suatu tujuan utama dari perusahaan/organisasi karena dalam meraihnya tentu membutuhkan strategi bisnis dan proses untuk menjalankannya. Nah, Proses dari strategi bisnis inilah yang disebut proses bisnis. Setiap perusahaan bisnis/organisasi memiliki proses bisnis yang berbeda dan alur yang unik sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh bisnis tersebut.

Analisis proses bisnis secara umum dilakukan dengan membuat pemetaan proses dan subproses sampai detail, hal ini dilakukan untuk bisa mendefinisikan tingkatan dari aktivitas atau kegiatan yang ada didalamnya.

Tipe Proses Bisnis

Proses bisnis tersusun dari berbagai proses-proses didalamnya. Berikut ini beberapa proses pada umumnya:

  1. Proses manajemen: sebuah proses yang mengendalikan oprasional sebuah system, misalnya Manajemen Strategis.
  2. Proses operasional: sebuah proses yang mempunyai bisnis inti dan meliputi aliran nilai utama, misalnya proses pembelian, manufaktur, dan penjualan.
  3. Proses pendukung: hal yang mendukung proses inti, misalnya rekrutmen dan pusat bantuan.

Tahapan Proses Bisnis

Beberapa tahapan dalam proses bisnis, yaitu:

         1.       Analisis Kegiatan Usaha

Tahapan ini mengenai diskusi dan analisis antara manajemen perusahaan bersama pemilik perusahaan tentang kegiatan usaha yang akan dijalankan oleh perusahaan.

2.       Penentuan Proses Bisnis

Hal yang dilakukan pada tahap ini adalah manajemen akan membuat atau menentukan bentuk proses bisnis dari usaha yang telah dipilih oleh perusahaan dan akan membahas tentang jenis biaya-biaya yang dikeluarkan dan pendapatan/penghasilan yang akan diperoleh dari proses bisnis tersebut.

3.       Pelaksanaan Proses Bisnis

Tahapan ini termasuk penting karena jika suatu proses bisnis sudah dibuat denngan sangat baik, tetapi tidak dilaksanakan dengan benar oleh setiap divisi dan karyawan perusahaan, maka tidak akan menghasilkan manfaat apapun untuk perusahaan tersebut.

4.       Evaluasi Proses Bisnis

Tahapan ini berfungsi untuk mengetahui suatu proses bisnis sudah dijalankan dengan baik atau belum oleh setiap divisi dan karyawan perusahaan. Pelaksanaan evaluasi dapat dilakukan setiap bulan, setiap enam bulan, atau setiap tahun. Evaluasi ini akan membantu mengetahui proses bisnis yang paling bermanfaat untuk perusahaan.

Manfaat Proses Bisnis:

Beberapa manfaat dari Proses Bisnis, seperti:

  1. Solusi bagi perusahaan untuk membantu melihat gambaran bisnis secara menyeluruh (komprehensif) dan real-time.
  2. Memberikan nilai kompetitif bagi persaingan bisnis yang semakin kompleks dalam perkembangan pasar yang terus bergerak dengan cepat.
  3. Mempercepat proses dari evaluasi informasi untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara cepat dan tepat.

Contoh Proses Bisnis

Berikut adalah contoh Proses Bisnis dari Sistem informasi manajemen perumahan (SIM Perumahan).

SIM PERUMAHAN

Sistem informasi manajemen perumahan (SIM Perumahan) adalah suatu sistem yang mengelola database dari perumahan. SIM Perumahan ini dapat digunakan oleh pihak developer dan konsumen untuk mengambil suatu keputusan secara cepat dan tepat. Hal ini tentu membutuhkan proses bisnis dalam pelaksanaannya agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Proses bisnis dari Pembelian Perumahan (SIM Perumahan):

1)      Melakukan transaksi pemesanan rumah.

2)      Melengkapi dan menyerahkan berkas KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

3)      Melunasi semua biaya yang harus dibayar.

4)      Mengikuti interview/wawancara dengan pihak bank.

5)      Mengikuti proses Akad Kredit.

6)      Menyerahkan kunci kepada pihak konsumen.

Tingkatan Pemetaan Proses Bisnis

Level 1: Proses transaksi pemesanan rumah.

Level 2: 

Aktivitas peninjauan terhadap rumah yang ditawarkan, aktivitas pembayaran booking fee oleh konsumen, dan aktivitas pembayaran uang muka KPR.

Level 3:

  • Aktivitas peninjauan terhadap rumah yang ditawarkan, yaitu: Siapkan acara pameran perumahan, mengantar konsumen untuk meninjau rumah, dan melayani pertanyaan konsumen.
  • Aktivitas pembayaran booking fee oleh konsumen, yaitu: Siapkan surat pesanan (booking fee letter).
  • Aktivitas pembayaran uang muka KPR, yaitu: Siapkan kwitansi pemesanan dan Surat Pemesanan Rumah (SPR) dari pihak administrasi.

Level 1: Proses melengkapi dan menyerahkan berkas KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Level 2:

Aktivitas konfirmasi data-data, aktivitas melengkapi berkas, dan aktivitas penyerahan berkas.

Level 3:

  • Aktivitas konfirmasi data-data, yaitu: Siapkan nomor telepon konsumen, menghubungi konsumen, siapkan data-data, dan konfirmasi data-data.
  • Aktivitas melengkapi berkas, yaitu: Siapkan persyaratan yang perlu dilengkapi, data pribadi konsumen, persyaratan KPR, dan membantu konsumen melengkapi berkas.
  • Aktivitas penyerahan berkas, yaitu: Siapkan berkas KPR persyaratan KPR yang telah dilengkapi dan serahkan kepada pihak administrasi.

Level 1: Proses melunasi semua biaya yang harus dibayar.

Level 2:

Aktivitas pembayaran oleh konsumen dan aktivitas konfirmasi pembayaran.

Level 3:

  • Aktivitas pembayaran oleh konsumen, yaitu: Uang muka pembelian rumah, biaya proses KPR, biaya strategis dan biaya lainnya, pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau transfer, dan pembayaran sesuai dengan jadwal dalam SPR.
  • Aktivitas konfirmasi pembayaran, yaitu: Konsumen menghubungi petugas, konfirmasi pembayaran, bagian administrasi membuat kwitansi pembayaran, dan kwitansi pembayaran diserahkan kepada konsumen sebagai bukti pembayaran yang sah. 

Level 1: Proses wawancara/interview dengan pihak Bank.

Level 2:

Aktivitas wawancara dengan pihak Bank dan aktivitas pemberitahuan hasil wawancara.

Level 3:

  • Aktivitas wawancara dengan pihak Bank, yaitu: Konsumen menerima undangan wawancara, undangan berisikan info hari, tanggal, dan lokasi wawancara, dan saat hari wawancara pihak Bank mengajukan beberapa pertanyaaan kepada konsumen.
  • Aktivitas pemberitahuan hasil wawancara, yaitu: Menghubungi konsumen mengenai kelayakan menerima fasilitas pinjaman KPR/tidak layak menerimanya dan pihak Bank akan memberikan Surat Penegasan Persetujuan Pemberian Kredit (SP3K) jika dinilai layak. 

Level 1: Proses Akad Kredit.

Level 2: 

Aktivitas konfirmasi hasil wawancara dan aktivitas mengikuti proses akad kredit.

Level 3:

  • Aktivitas konfirmasi hasil wawancara, yaitu: Pihak bank menghubungi konsumen dan melakukan konfirmasi hasil wawancara yang telah dilakukan.
  • Aktivitas mengikuti proses akad kredit, yaitu: Akad kredit dilakukan antara pihak konsumen dan pihak pengembang/developer.

Level 1: Proses menyerahkan kunci kepada pihak konsumen.

Level 2: 

Aktivitas penyerahan kunci rumah kepada konsumen dan aktivitas pemberian garansi.

Level 3:

  • Aktivitas penyerahan kunci rumah kepada konsumen, yaitu: Konsumen datang langsung ke lokasi perumahan, pihak developer/pengembang menyerahkan kunci rumah kepada konsumen, dan konsumen memeriksa kembali rumah yang telah dibeli tersebut.
  • Aktivitas pemberian garansi, yaitu: Pihak developer/pengembang memberikan garansi selama 100 hari kepada konsumen.

Value Chain Analysis


Pengertian Value Chain Analysis

Value Chain Analysis adalah proses sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi kegiatan utama dan bantuan yang dapat menambah nilai produk perusahaan, kemudian menganalisisnya untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut perlu mengurangi biaya atau meningkatkan diferensiasi. 

Value Chain Analysis juga merupakan strategi yang digunakan untuk mengalisis kegiatan internal perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan untuk dapat melihat lebih detail dalam kegiatan internal, sehingga hasil analisis itu nantinya dapat mengungkap di mana keunggulan kompetitif suatu perusahaan atau kekurangannya.

Jenis Aktivitas Value Chain Analysis

Aktivitas Value Chain Analysis dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Aktivitas primer (utama), yaitu aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan penciptaan produk, pemasaran, dan pengiriman kepada konsumen, serta pelayanan setelah penjualan. Misalnya logistik kedalam, operasi, logistik keluar, pemasaran dan penjualan, dan pelayanan.
  2. Aktivitas pendukung, yaitu aktivitas-aktivitas yang membantu operasional perusahaan secara menyeluruh dengan menyediakan insfrastruktur, sehingga aktivitas primer (utama) dapat berjalan secara terus-menerus. Misalnya administrasi umum, teknologi dan pengembangan sistem, manajemen sumber daya manusia, dan pembelian.
Semoga blog saya ini dapat bermanfaat dan memberi wawasan baru untuk readers yang membacanya. Saya juga berharap semoga readers semua dapat terus meraih cita-cita dan impian, walaupun terkadang tidak berjalan dengan mulus. Kalian harus yakin semua yang kita jalankan dengan enjoy, semangat, dan usaha pasti akan membuahkan hasil yang luar biasa.

Tetap semangat dan ingat pilihan apa yang kalian putuskan hari ini akan menentukan masa depan kalian. See you in another blog!! πŸ˜„

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Proses

https://www.google.com/amp/s/slideplayer.info/amp/2013445/

https://standarku.com/standar-proses-bisnis-business-process/

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-proses-bisnis/

https://www.dosenpendidikan.co.id/proses-bisnis/

https://sis.binus.ac.id/2017/04/20/value-chain-analysis/

https://www.pengadaanbarang.co.id/2020/11/analisis-value-chain.html

https://sisteminformasimanajemen15089.wordpress.com/2016/12/14/sim-perumahan/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis dan Perancangan Basis Data

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Teknologi Informasi Terbaru Saat Ini dan Sistem Informasi